Wednesday 8 November 2017

Kiat Mudah Menulis


Menulis itu kegiatan yang sangat mudah. bohong jika ada yang mengatakan menulisn itu susah, keuali penulis yang panca inderanya kurang peka. Menulis itu, anda hanya perlu melihat, mndengar dan merasakan apa yang ada disekitar, lalu tuangkan dalam bentuk kata-kata. Begitu saja.


Hal utama yang dibutuhkan dalam menlis adalah kejujuran. Ketika mata menangkap meja, tuliskanlah meja, bukan benda lainnya. Dan jika meja yang terlihat itu warnanya kusam dan kakinya patah satu, tulis saja seperti adanya. Begitu juga ketika ternyata meja itu bagus dan menarik, tulsilah seperti yang tampak oleh mata. 

Jangan mencoba mengarang yang akhirnya menjadi tidak jujur dengan apa yang akan dituliskan. Karen ketidak jujuran dalam menulis, pada akhirnya hanya akan menuai kebuntuan ide. Dan jika seorang penulis sudah menghadapi kebuntuan ide, maka produktivitasnya tidak akan ada lagi. 

Hal lain yang perlu diperhatikan, agar ide mengalir seperti air, meluncur bak papan seluncur. Saran saya indahkan dulu soal kaidah penulisan. Tuangkan saja semua apa yang ada dalam isi kepala hingga tak tersisa. Yang kamu lihat, kamu dengar dan kamu rasa adalah kekayaan berlimpah yang sangat berharga bagi seorang penulis. 

Setelah habis ide dalam kepala, ya sudah jangan ditambah-tambah dengan berusaha mengarang. Karena hal tersebut hanya akan merusak ruh dari tulisan yang sedang anda buat.

Selanjutnya mulailah melakukan editing dengan cara mengatur sistematika penulisan, memilih dan memilah kata agar tulisan menjadi berbobot. Lalu memperhatikan tanda baca agar tulisan lebih mudah dibaca dan difahami. 
Untuk menambah perbendaharaan kata, supaya tulisan tidak monoton, perbanyaklah membaca. Karena dengan banyak membaca, disamping akan  memperkaya perbendaharaan kata, juka akan melatih penulis dalam menyusun kalimat yang baik dan fariatif.

Intinya, setiap penulis pasti pembaca. Tapi belum tentu seorang pembaca juga penulis. Penulis yang tidak mau membaca adalah penulis yang tidak mau mengasah kemampuannya. 

Setiap penulis memiliki ciri khas dalam tulisan-tulisannya. Dan ciri khas itu akan hadir dengan sendirinya seiring dengan kebiasaan dan kemampuannya dalam mengotak-atik kata, tanpa bisa direncanakan. Untuk mengetahui ciri khas itu, coba baca novel karangan sejumlah penulis terkanal di tanah air, begitu juga para penulis-penulis kelas dunia.

Dengan semakin sering mengasah kemampuan menulis, lambat laun tulisan seorang akan semakin singkat, padat, tajam, lugas, tegas dan jelas dalam menyampaikan sesuatu. 

Mulailah menulis. Jangan hanya berkata akan, tapi segera action!. Tidak perlu takut tulisanmu di cap jelek atau tak berbobot. Karena untuk menjadi bagus harus diawali dari yang tidak bagus. Semuanya melalui proses, dan proses tidak ada yang instan. 

Barang siapa bersungguh-sungguh dia akan mendapatkan, ingatlah selalu pepatah itu. Maka bersungguh-sungguhlah jika ingin menjadi penulis, agar bisa menjadi penulis yang tangguh.   

Itulah sekelumit tulisan berjudul ‘Kiat Mudah Menulis’ dari saya. Semoga bermanfaat bagi pembaca blog ini, terutama penulis pemula yang memerlukannya.(***)  

No comments:

New Entri

Lai Ba Ju

Jam 06.45 WIB, bel sekolah SD Impian baru saja dibunyikan. Para siswa dan siswi dari kelas 1 hingga kelas 6 segera berbaris didepan kelas m...